Mendua

3 Jan 2015

Setelah lebih dari 5 tahun setia ngeblog di blogdetik, di awal tahun 2015 ini akhirnya memutuskan untuk mendua. Mulai awal tahun 2015 ini, aku akan mengelola dua buah blog, yakni blog ini, http://wongkentir.blogdetik.com/ dan juga blog baru yaitu http://www.suryahardhiyana.com/.

Keputusan ini dilatarbelakangi oleh keinginan memiliki sebuah blog dengan branding pribadi. Sudah lama sebenarnya ingin memiliki blog dengan nama sendiri, tetapi sering terbentur oleh beberapa hal yang perlu pertimbangan.

Blog suryahardhiyana.com

Yang pertama adalah traffic blog. Dengan usia yang sudah mencapai 5 tahun lebih, blog ini sudah memiliki traffic yang cukup baik. Oleh google, blog ini mempunyai page rank 3, yang artinya sudah cukup lumayan untuk ukuran blog yang jarang update, he he. Beberapa artikel di blog ini juga pernah dan juga masih ada yang masuk di halaman pertama mesin pencari google ketika dilakukan pencarian dengan key word tertentu. Blog ini juga sudah di-link oleh beberapa rekan blogger (terima kasih saya ucapkan untuk rekan-rekan blogger yang sudah melink blog ini). Blog baru artinya kerja keras lagi untuk meraih itu semua.

Yang kedua adalah biaya. Dulu memiliki domain pribadi seperti sebuah barang mewah, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika membeli domain dengan nilai yang termurah, maka bandwidth dan kapasitas blog yang didapatkan juga sedikit. Yang ketiga adalah content. Ada kebingungan, jika akhirnya memiliki blog dengan domain pribadi, content apa yang akan ditulis disana? Punya satu blog saja dengan genre yang warna-warni, postingan jarang-jarang, apalagi kalau punya dua blog dengan rencana konsep content yang berbeda, bisa jadi postingannya dua bulan sekali.

Dan, setelah melalui pertimbangan yang sudah dipikirkan dengan cara seksama, akhirnya diputuskan untuk tetap membuat blog baru, tapi dengan tanpa meninggalkan blog ini.

Untuk masalah traffic, mungkin solusinya adalah lebih intens memanfaatkan social media untuk mendongkrak traffic dari blog baru. Memang setelah beberapa tahun terakhir berada di zona nyaman ngeblog, kini sudah waktunya untuk bekerja keras kembali.

Untuk masalah biaya, Alhamdulillah, domain pribadi sekarang sudah sangat terjangkau. Salah satu web penyedia blog yang sudah cukup termahsyur di dunia yakni wordpress.com, kini sudah menyediakan blog yang bisa diberi nama domain pribadi dengan harga yang cukup terjangkau (hanya sekitar US$ 18 / tahun). Ini sekaligus memberi kesempatan buatku untuk mencicipi platform blog yang memiliki jumlah user terbesar di seluruh dunia ini.

Untuk content, blog baru yang kuberi judul, Story Of My Life: Eat, Photo and Travel ini akan start dengan hampir seluruh content (dan juga comment) yang ada di blog wongkentir ini untuk postingan sebelum tahun 2015. Tidak semua content di blog ini di copy ke blog baru, hanya khusus content yang berhubungan dengan Eat, Photo dan Travel. Content yang lain sepertinya yang sifatnya personal maupun movie review tidak dicopy.

Lalu, mulai tahun 2015, tulisan yang sifatnya Eat, Photo dan Travel akan diposting di blog baru, sedangkan postingan yang diluar kategori tadi akan diposting di blog ini. Atau jika memang dirasa perlu, akan ada postingan yang sama di kedua blog.

Dan di akhir postingan ini, saya minta rekan-rekan setia wongkentir, jangan lupa untuk mampir di blog http://suryahardhiyana.com/ ya :)


TAGS Personal


-

Author

Follow Me